P A N G K U R
01. Mingkar-mingkuring ukara, akarana karenan
mardi siwi, sinawung resmining kidung, sinuba sinukarta, mrih kretarta
pakartining ilmu luhung,kang tumrap ing tanah Jawa, agama ageming aji.
Meredam
nafsu angkara dalam diri, Hendak berkenan mendidik putra-putri. Tersirat dalam
indahnya tembang, dihias penuh variasi, agar menjiwai hakekat ilmu luhur,
yang berlangsung di tanah Jawa (nusantara) agama sebagai “pakaian” kehidupan.
02. Jinejer ing Weddhatama, mrih tan kemba
kembenganing pambudi,mangka nadyan tuwa pikun, yen tan mikani rasa, yekti sepi
sepa lir sepah asamun,samasane pakumpulan, gonyak-ganyuk nglelingsemi.
Disajikan
dalam serat Wedhatama, agar jangan miskin pengetahuan, walaupun sudah tua
pikun, jika tidak memahami rasa sejati (batin), niscaya kosong tiada berguna
bagai ampas, percuma sia-sia, di dalam setiap pertemuan sering bertindak
ceroboh memalukan.
03. Nggugu karsane priyangga, nora nganggo peparah
lamun angling,lumuh ingaran balilu, uger guru aleman, nanging janma ingkang wus
waspadeng semu, sinamun samudana, sesadoning adu manis .
Mengikuti
kemauan sendiri, Bila berkata tanpa dipertimbangkan (asal bunyi), Namun
tak mau dianggap bodoh, Selalu berharap dipuji-puji. (sebaliknya) Ciri
orang yang sudah memahami (ilmu sejati) tak bisa ditebak berwatak rendah
hati, selalu berprasangka baik.
04. Si pengung nora nglegewa, sangsayarda denira
cacariwis, ngandhar-andhar angendukur, kandhane nora kaprah, saya elok alangka
longkangipun, si wasis waskitha ngalah, ngalingi marang sipingging.
(sementara)
Si dungu tidak menyadari, Bualannya semakin menjadi jadi, ngelantur bicara yang
tidak-tidak, Bicaranya tidak masuk akal, makin aneh tak ada jedanya. Lain
halnya, Si Pandai cermat dan mengalah, Menutupi aib si bodoh.
05. Mangkono ilmu kang nyata, sanyatane mung we
reseping ati,bungah ingaran cubluk, sukeng tyas yen den ina, nora kaya si
punggung anggung gumunggung, ugungan sadina dina, aja mangkono wong urip.
Demikianlah
ilmu yang nyata, Senyatanya memberikan ketentraman hati, Tidak merana dibilang
bodoh, Tetap gembira jika dihina Tidak seperti si dungu yang selalu sombong,
Ingin dipuji setiap hari. Janganlah begitu caranya orang hidup.
06. Uripa sapisan rusak, nora mulur nalare ting
saluwir, kadi ta guwa kang sirung, sinerang ing maruta, gumarenggeng
anggereng anggung gumrunggung, pindha padhane si mudha, prandene paksa kumaki.
Hidup
sekali saja berantakan, Tidak berkembang, pola pikirnya carut marut. Umpama goa
gelap menyeramkan, Dihembus angin, Suaranya gemuruh menggeram, berdengung
Seperti halnya watak anak muda masih pula berlagak congkak.
07 Kikisane mung sapala, palayune ngendelken
yayah wibi, bangkit tur bangsaning luhur, lah iya ingkang rama, balik sira
sarawungan bae ersua, mring atining tata ersu, nggon-anggon agama
suci.
Tujuan
hidupnya begitu rendah, Maunya mengandalkan orang tuanya, Yang terpandang serta
bangsawan Itu kan ayahmu! Sedangkan kamu kenal saja belum, akan hakikatnya
tata ersu dalam ajaran yang suci.
08. Socaning jiwangganira, jer katara lamun
pocapan pasthi, lumuh asor kudu unggul, sumengah sesongaran,yen mangkono kena
ingaran katungkul, karem ing reh kaprawiran, nora enak iku kaki.
Cerminan
dari dalam jiwa raga mu, Nampak jelas walau tutur kata halus, Sifat pantang
kalah maunya menang sendiri Sombong besar mulut, Bila demikian itu,
disebut orang yang terlena, Puas diri berlagak tinggi Tidak baik itu nak!
09. Kekerane ngelmu karang, kakarangan saking
bangsaning gaib, iku boreh paminipun, tan rumasuk ing jasad, ersu aneng
sajabaning daging kulup, Yen kapengkok pancabaya, ubayane mbalenjani.
Di dalam
ilmu yang dikarang-karang (sihir/rekayasa), Rekayasa dari hal-hal gaib, Itu
umpama bedak. Tidak meresap ke dalam jasad, Hanya ada di kulitnya saja nak,
Bila terbentur marabahaya, bisanya menghindari.
10. Marma ing sabisa-bisa, babasane muriha tyas
basuki, puruitaa kang patut, lan traping angganira, Ana uga angger ugering
kaprabun, abon aboning panembah, kang kambah ing siang ratri.
Karena
itu sebisa-bisanya, Upayakan selalu berhati baik, Bergurulah secara tepat, Yang
sesuai dengan dirimu, Ada juga peraturan dan pedoman bernegara, Menjadi syarat
bagi yang berbakti, yang berlaku siang malam.
11. Iku kaki takokena, marang para sarjana kang
martapi, mring tapaking tepa tulus, kawawa nahen hawa, Wruhanira mungguh
sanjataning ngelmu, tan mesthi neng janma wreda, tuwin muda sudra kaki.
Tulah
nak, tanyakan Kepada para sarjana yang menimba ilmu, Kepada jejak hidup para
suri tauladan yang benar, dapat menahan hawa nafsu, Pengetahuanmu adalah
senyatanya ilmu, Yang tidak harus dikuasai orang tua, Bisa juga bagi yang muda
atau miskin, nak!
12. Sapantuk wahyuning Allah, gya dumilah mangulah
ngelmu bangkit, bangkit mikat reh mangukut, kukutaning Jiwangga, Yen mangkono
kena sinebut wong sepuh, liring sepuh sepi hawa, awas roroning ngatunggil.
Siapapun
yang menerima wahyu Tuhan, Dengan cermat mencerna ilmu tinggi, Mampu menguasai
ilmu kasampurnan, Kesempurnaan jiwa raga, Bila demikian pantas disebut “orang
tua”. Arti “orang tua” adalah tidak dikuasai hawa nafsu, Paham akan dwi tunggal
(menyatunya sukma dengan Tuhan).
13. Tan samar pamoring Sukma, sinukma ya winahya
ing ngasepi, sinimpen telenging kalbu, Pambukaning waana, tarlen saking liyep
layaping ngaluyup, pindha pesating supena, sumusuping rasa jati.
Tidak lah
samar sukma menyatu, meresap terpatri dalam keheningan semadi, Diendapkan
dalam lubuk hati menjadi pembuka tabir, berawal dari keadaan antara sadar dan
tiada, Seperti terlepasnya mimpi Merasuknya rasa yang sejati.
14. Sajatine kang mangkono, wus kakenan
nugrahaning Hyang Widi, bali alaming ngasuwung, tan karem karamean, ingkang
sipat wisesa winisesa wus, mulih mula mulanira, mulane wong anom sami.
Sebenarnya
ke-ada-an itu merupakan anugrah Tuhan, Kembali ersuas yang mengosongkan,
tidak mengumbar nafsu duniawi, yang bersifat kuasa menguasai. Kembali ke asal
muasalmu Oleh karena itu, wahai anak muda sekalian.
PUPUH II
S I N O M
01. Nulada laku utama, tumrape wong Tanah Jawi,
Wong Agung ing Ngeksiganda, Panembahan Senopati, kepati amarsudi, sudane hawa
lan nepsu, pinesu tapa brata, tanapi ing siyang ratri, amamangun karenak
tyasing ersua.
Contohlah
perilaku utama, bagi kalangan orang Jawa (Nusantara), orang besar dari
Ngeksiganda (Mataram), Panembahan Senopati, yang tekun, mengurangi hawa nafsu,
dengan jalan prihatin (bertapa), serta siang malam selalu berkarya membuat hati
tenteram bagi ersua (kasih sayang).
02. Samangsane pesasmuan, mamangun martana
ersuas, sinambi ing saben mangsa, kala kalaning asepi, lelana teki-teki,
nggayuh geyonganing kayun, kayungyun eninging tyas, sanityasa pinrihatin, puguh
panggah cegah dhahar, lawan nendra.
Dalam
setiap pergaulan, membangun sikap tenggang rasa. Setiap ada kesempatan, Di saat
waktu longgar, mengembara untuk bertapa, menggapai cita-cita hati, hanyut dalam
keheningan kalbu. Senantiasa menjaga hati untuk prihatin (menahan hawa nafsu), dengan
tekad kuat, membatasi makan dan tidur.
03. Saben nendra saking wisma, lelana laladan
sepi, ngisep sepuhing supana, mrih pana pranaweng kapti, titising tyas marsudi,
mardawaning budya tulus, mese reh kasudarman, neng tepining jala nidhi, sruning
brata kataman wahyu dyatmika.
Setiap mengembara meninggalkan rumah (istana), berkelana ke tempat yang sunyi (dari hawa nafsu), menghirup tingginya ilmu, agar jelas apa yang menjadi tujuan (hidup) sejati. Hati bertekad selalu berusaha dengan tekun, memperdayakan akal budi menghayati cinta kasih, ditepinya samudra. Kuatnya bertapa diterimalah wahyu dyatmika (hidup yang sejati).
Setiap mengembara meninggalkan rumah (istana), berkelana ke tempat yang sunyi (dari hawa nafsu), menghirup tingginya ilmu, agar jelas apa yang menjadi tujuan (hidup) sejati. Hati bertekad selalu berusaha dengan tekun, memperdayakan akal budi menghayati cinta kasih, ditepinya samudra. Kuatnya bertapa diterimalah wahyu dyatmika (hidup yang sejati).
04. Wikan wengkoning samodra, kederan wus den
ideri, kinemat kamot hing driya, rinegan segegem dadi, dumadya angratoni,
nenggih Kanjeng Ratu Kidul, ndedel nggayuh nggegana, umara marak maripih, sor
prabawa lan Wong Agung Ngeksiganda.
Memahami kekuasaan di dalam samodra seluruhnya sudah dijelajahi,“kesaktian” melimputi indera Ibaratnya cukup satu genggaman saja sudah jadi, berhasil berkuasa, Kangjeng Ratu Kidul, Naik menggapai ersu-awang, (kemudian) datang menghadap dengan penuh hormat, kepada Wong Agung Ngeksigondo.
Memahami kekuasaan di dalam samodra seluruhnya sudah dijelajahi,“kesaktian” melimputi indera Ibaratnya cukup satu genggaman saja sudah jadi, berhasil berkuasa, Kangjeng Ratu Kidul, Naik menggapai ersu-awang, (kemudian) datang menghadap dengan penuh hormat, kepada Wong Agung Ngeksigondo.
05. Dahat denira aminta, sinupeket pangkat kanci,
jroning alam palimunan, ing pasaban saben sepi, sumanggem anjanggemi, ing
karsa kang wus tinamtu, pamrihe mung aminta, supangate teki-teki, nora ketang
teken janggut suku jaja.
Memohon
dengan sangat lah beliau, agar diakui sebagai sahabat setia, di dalam alam
gaib, tempatnya berkelana setiap sepi. Bersedialah menyanggupi, kehendak yang
sudah digariskan. Harapannya hanyalah memintarestu dalam bertapa, Meski dengan
susah payah.
06. Prajanjine abipraja, saturun-turun wuri,
Mangkono trahing ngawirya, yen amasah mesu budi, dumadya glis dumugi, iya ing
sakarsanipun, wong agung Ngeksiganda, nugrahane prapteng mangkin, trah tumerah
darahe pada wibawa.
Perjanjian
sangat mulia,untuk seluruh keturunannya di kelak kemudian hari.Begitulah
seluruh keturunan orang luhur,bila mau mengasah akal budi akan cepat
berhasil,apa yang diharapkan orang besar Mataram, anugerahnya hingga kelak
dapat mengalir di seluruh darah keturunannya, dapat memiliki wibawa.
07. Ambawani tanah Jawa, kang padha jumeneng aji,
satriya dibya sumbaga, tan lyan trahing Senapati, pan iku pantes ugi, tinelad
labetanipun, ing sakuwasanira, enake lan jaman mangkin, sayektine tan bisa
ngepleki kuna.
Menguasai
tanah Jawa (Nusantara), yang menjadi raja (pemimpin), satria sakti
tertermasyhur, tak lain keturunan Senopati, hal ini pantas pulasebagai tauladan
budi pekertinya, Sebisamu, terapkan di zaman nanti, Walaupun tidak bisa
persis sama seperti di masa silam.
08. Luwung kalamun tinimbang, ngaurip tanpa
prihatin, Nanging ta ing jaman mangkya, pra mudha kang den karemi, manulad
nelad Nabi, nayakeng rad Gusti Rasul, anggung ginawe umbag, saben saba mapir
masjid, ngajap-ajap mukjijat tibaning drajat.
Mending bila ersuasive orang hidup tanpa prihatin, namun di masa yang akan datang (masa kini), yang digemari anak muda, meniru-niru nabi, rasul utusan Tuhan, yang hanya dipakai untuk menyombongkan diri, setiap akan bekerja singgah dulu di masjid, Mengharap mukjizat agar mendapat derajat (naik pangkat).
Mending bila ersuasive orang hidup tanpa prihatin, namun di masa yang akan datang (masa kini), yang digemari anak muda, meniru-niru nabi, rasul utusan Tuhan, yang hanya dipakai untuk menyombongkan diri, setiap akan bekerja singgah dulu di masjid, Mengharap mukjizat agar mendapat derajat (naik pangkat).
09. Anggung anggubel sarengat, saringane tan den
wruhi, dalil dalaning ijemak, kiyase nora mikani, katungkul mungkul sami,
bengkrakan neng masjid agung, kalamun maca kutbah, lelagone dhandhanggendhis,
swara arum ngumandhang cengkok palaran.
Hanya memahami sariat (kulitnya) saja, sedangkan hakekatnya tidak dikuasai, Pengetahuan untuk memahami makna dan suri tauladan tidaklah mumpuni Mereka lupa diri, (tidak sadar) bersikap berlebih-lebihan di masjid besar, Bila membaca khotbah berirama gaya dandanggula (menghanyutkan hati), suara merdu bergema gaya palaran (lantang bertubi-tubi).
Hanya memahami sariat (kulitnya) saja, sedangkan hakekatnya tidak dikuasai, Pengetahuan untuk memahami makna dan suri tauladan tidaklah mumpuni Mereka lupa diri, (tidak sadar) bersikap berlebih-lebihan di masjid besar, Bila membaca khotbah berirama gaya dandanggula (menghanyutkan hati), suara merdu bergema gaya palaran (lantang bertubi-tubi).
10. Lamun sira paksa nulad, Tuladhaning Kangjeng
Nabi, O, ngger kadohan panjangkah, wateke tak betah kaki, Rehne ta sira Jawi,
satitik bae wus cukup, aja ngguru aleman, nelad kas ngepleki pekih, Lamun pungkuh
pangangkah yekti karamat.
Jika kamu
memaksa meniru, tingkah laku `Kanjeng Nabi, Oh, nak terlalu ers, Biasanya
tak akan betah nak, Karena kamu itu orang Jawa, sedikit saja sudah cukup. Janganlah
sekedar mencari sanjungan, Mencontoh-contoh mengikuti fiqih, apabila mampu, memang
ada harapan mendapat rahmat.
11. Nanging enak ngupa boga, rehne ta tinitah
langip, apa ta suwiteng Nata, tani tanapi agrami, Mangkono mungguh mami, padune
wong dhahat cubluk, ersua wruh cara Arab, Jawaku bae tan ngenting, parandene
pari peksa mulang putra.
Tetapi
seyogyanya mencari nafkah, Karena diciptakan sebagai makhluk lemah, Apakah mau
mengabdi kepada raja, Bercocok tanam atau berdagang, Begitulah menurut
pemahamanku, Sebagai orang yang sangat bodoh, Belum paham cara Arab, Tata cara
Jawa saja tidak mengerti, Namun memaksa diri mendidik anak.
12. Saking duk maksih taruna, sadhela wus
anglakoni, aberag marang agama, maguru ersuasi kaji, sawadine tyas mami,
banget wedine ing besuk, pranatan ngakir jaman, Tan tutug kaselak ngabdi, nora
kober sembahyang gya tininggalan.
Dikarenakan waktu masih muda, Keburu menempuh belajar pada agama, Berguru menimba ilmu pada yang haji, maka yang terpendam dalam hatiku, menjadisangat takut akan hari kemudian, Keadaan di akhir zaman, Tidak tuntas keburu “mengabdi”Tidak sempat sembahyang terlanjur dipanggil.
Dikarenakan waktu masih muda, Keburu menempuh belajar pada agama, Berguru menimba ilmu pada yang haji, maka yang terpendam dalam hatiku, menjadisangat takut akan hari kemudian, Keadaan di akhir zaman, Tidak tuntas keburu “mengabdi”Tidak sempat sembahyang terlanjur dipanggil.
13. Marang ingkang asung pangan, yen kasuwen den
dukani, abubrah bawur tyas ingwang, lir kiyamat saben hari, bot Allah apa
gusti, tambuh-tambuh solah ingsun, lawas-lawas graita, rehne ta suta priyayi,
yen mamriha dadi kaum temah nista.
Kepada yang ersua makan, Jika kelamaan dimarahi, Menjadi kacau balau perasaanku, Seperti kiyamat saban hari, Berat “Allah” atau “Gusti”, Bimbanglah sikapku, Lama-lama berfikir, Karena anak turun priyayi, Bila ingin jadi juru doa (kaum) dapatlah nista.
Kepada yang ersua makan, Jika kelamaan dimarahi, Menjadi kacau balau perasaanku, Seperti kiyamat saban hari, Berat “Allah” atau “Gusti”, Bimbanglah sikapku, Lama-lama berfikir, Karena anak turun priyayi, Bila ingin jadi juru doa (kaum) dapatlah nista.
14. Tuwin ketib suragama, pan ingsun nora winaris,
angur baya angantepana, pranatan wajibing urip, lampahan angluluri, aluraning
pra luluhur, kuna kumunanira, kongsi tumekeng semangkin, Kikisane tan lyan
among ngupa boga.
Begitu
pula jika aku menjadi pengurus dan juru dakwah agama. Karena aku bukanlah
keturunannya, Lebih baik memegang teguh aturan dan kewajiban hidup, Menjalankan
pedoman hidupwarisan leluhur dari zaman dahulu kala hingga kelak kemudian hari.
Ujungnya tidak lain hanyalah mencari nafkah.
15. Bonggan kang tan mrelokena, mungguh ugering
ngaurip, uripe tan tri prakara, wirya, arta, tri winasis, kalamun kongsi
sepi, saka wilangan tetelu, telas tilasing janma, aji godhong jati aking, temah
papa papariman ngulandara.
Salahnya
sendiri yang tidak mengerti, Paugeran orang hidup itu demikian seyogyanya, hidup
dengan tiga perkara; Keluhuran (kekuasaan), harta (kemakmuran), ketiga
ilmu pengetahuan. Bila tak satu pun dapat diraih dari
ketiga perkara itu, habis lah harga diri manusia. Lebih berharga
daun jati kering, akhirnya mendapatlah derita, jadi pengemis dan terlunta.
16. Kang wus waspada ing patrap, mangayut ayat
winasis, wasana wosing Jiwangga, melok tanpa aling-aling, kang ngalingi
kaliling, wenganing rasa tumlawung, keksi saliring jaman, angelangut tanpa
tepi, yeku aran tapa tapaking Hyang Sukma.
Yang sudah paham tata caranya, Menghayati ajaran utama, Jika berhasil merasuk ke dalam jiwa, akan melihat tanpa penghalang, Yang menghalangi tersingkir, Terbukalah rasa sayup menggema. Tampaklah seluruh cakrawala, Sepi tiada bertepi, Yakni disebut “tapa tapaking Hyang Sukma”.
Yang sudah paham tata caranya, Menghayati ajaran utama, Jika berhasil merasuk ke dalam jiwa, akan melihat tanpa penghalang, Yang menghalangi tersingkir, Terbukalah rasa sayup menggema. Tampaklah seluruh cakrawala, Sepi tiada bertepi, Yakni disebut “tapa tapaking Hyang Sukma”.
17. Mangkono janma utama, tuman tumanem ing sepi,
ing saben rikala mangsa,masah amemasuh budi, lahire den tetepi, ing reh
kasatriyanipun, susila anor raga, wignya met tyasing sesame, yeku aran wong
barek berag agama.
Demikianlah
manusia utama, Gemar terbenam dalam sepi (meredam nafsu), Di saat-saat
tertentu, Mempertajam dan membersihkan budi, Bermaksud memenuhi tugasnya
sebagai satria, berbuat susila rendah hati, pandai menyejukkan hati pada
ersua, itulah sebenarnya yang disebut menghayati agama.
18. Ing jaman mengko pan ora, arahe para turami,
yen antuk tuduh kang nyata, nora pisan den lakoni, banjur njujurken kapti,
kakekne arsa winuruk, ngandelken gurunira, pandhitane praja sidik, tur wus manggon
pamucunge mring makrifat.
Di zaman
kelak tiada demikian, sikap anak muda bila mendapat petunjuk nyata, tidak
pernah dijalani, Lalu hanya menuruti kehendaknya, Kakeknya akan diajari, dengan
mengandalkan gurunya, yang dianggap pandita ersua yang pandai, serta
sudah menguasai makrifat.
PUPUH III
P U C U N G
01. Ngelmu iku, kalakone kanthi laku, lekase lawan
kas, tegese kas nyantosani, setya budya pangkese dur angkara.
Ilmu
(hakekat) itu diraih dengan cara menghayati dalam setiap perbuatan, dimulai
dengan kemauan. Artinya, kemauan membangun kesejahteraan terhadap ersua, Teguh
membudi daya Menaklukkan semua angkara.
02. Angkara gung, neng angga anggung gumulung,
gogolonganira triloka, lekere kongsi, yen den umbar ambabar dadi rubeda.
Nafsu
angkara yang besar ada di dalam diri, kuat menggumpal, menjangkau hingga tiga
zaman, jika dibiarkan berkembang akan berubah menjadi gangguan.
03. Beda lamun, kang wus sengsem reh ngasamun,
semune ngaksama, sasamane bangsa sisip, sarwa sareh saking mardi marto tama.
Berbeda
dengan yang sudah menyukai dan menjiwai, Watak dan perilaku memaafkan pada
sesama selalu sabar berusaha menyejukkan suasana.
04. Taman limut, durgameng tyas kang weh limput,
kereming karamat, karana karohaning sih, sihing Sukma ngreda sahardi gengira.
Dalam
kegelapan. Angkara dalam hati yang menghalangi, Larut dalam kesakralan hidup, Karena
temggelam dalam samodra kasih sayang, kasih sayang sukma (sejati) tumbuh
berkembang sebesar gunung.
05. Yeku patut, tinulad-tulad tinurut,
sapituduhira, aja kaya jaman mangkin, keh pramudha mundhi dhiri lapel makna.
Itulah
yang pantas ditiru, contoh yang patut diikuti seperti semua nasehatku. Jangan
seperti zaman nanti Banyak anak muda yang menyombongkan diri dengan hafalan
ayat.
06. Durung pecus, kesusu kaselak besus, amaknani
lapal, kaya sayid weton Mesir, pendhak-pendhak angendhak gunaning janma.
Belum
mumpuni sudah berlagak pintar. Menerangkan ayatseperti sayid dari Mesir Setiap
saat meremehkan kemampuan orang lain.
07. Kang kadyeku, kalebu wong ngaku-aku, akale
alangka, elok Jawane denmohi, paksa ngangkah langkah met kawruh ing Mekah.
Yang
seperti itu termasuk orang mengaku-aku. Kemampuan akalnya dangkal Keindahan
ilmu Jawa malah ditolak. Sebaliknya, memaksa diri mengejar ilmu di Mekah.
08. Nora weruh, rosing rasa kang rinuruh,
lumeketing angga, anggere padha marsudi, kana-kene kaanane nora beda.
Tidak
memahami hakekat ilmu yang dicari, sebenarnya ada di dalam diri. Asal mau berusaha sana sini (ilmunya) tidak
berbeda.
09. Uger lugu, den ta mrih pralebdeng kalbu,
yen ersu ersua, ing drajat kajating urip, kaya kang wus winahyeng
sekar srinata.
Asal
tidak banyak tingkah, agar supaya merasuk ke dalam sanubari.
Bila berhasil, terbuka derajat kemuliaan hidup yang sebenarnya. Seperti
yang telah tersirat dalam tembang sinom (di atas).
10. Basa ngelmu, mupakate lan panemu, pasahe lan
tapa, yen satriya tanah Jawi, kuna-kuna kang ginilut triprakara.
Yang
namanya ilmu, dapat berjalan bila sesuai dengan cara pandang kita. Dapat dicapai dengan usaha yang gigih. Bagi satria tanah Jawa, dahulu yang menjadi
pegangan adalah tiga perkara yakni;
11. Lila lamun, kelangan nora gegetun, trima yen
kataman, sakserik sameng dumadi, trilegawa nalangsa srahing Batara.
Ikhlas
bila kehilangan tanpa menyesal, Sabar jika hati disakiti ersua, Ketiga ;
lapang dada sambil berserah diri pada Tuhan.
12. Batara gung, inguger graning jajantung, jenak
Hayang Wisesa, sana paseneten Suci, nora kaya si mudha mudhar angkara.
Tuhan
Maha Agung diletakkan dalam setiap hela nafas. Menyatu dengan Yang Maha kuasa Teguh
mensucikan diri Tidak seperti yang muda, mengumbar nafsu angkara.
13. Nora uwus, kareme anguwus-uwus, uwose tan ana,
mung janjine muring-muring, kaya buta-buteng betah nganiaya.
Tidak
henti hentinyagemar mencaci maki. Tanpa ada
isinya kerjaannya marah-marah seperti raksasa; bodoh, mudah marah dan
menganiaya ersua.
14. Sakeh luput, ing angga tansah linimput,
linimpet ing sabda, narka tan ana udani, lumuh ala ardane ginawe gada.
Semua
kesalahan dalam diri selalu ditutupi, ditutup dengan kata-kata mengira tak ada
yang mengetahui, bilangnya enggan berbuat jahat padahal tabiat buruknya membawa
kehancuran.
15. Durung punjul, ing kawruh kaselak jujul,
kaseselan hawa, cupet kapepetan pamrih, tangeh nedya anggambuh mring Hyang
Wisesa.
Belum
cakap ilmu Buru-buru ingin dianggap pandai. Tercemar nafsu selalu merasa
kurang, dan tertutup oleh pamrih, sulit untuk manunggal pada Yang Maha kuasa.
PUPUH IV
G A M B U H
01. Samengko ingsun tutur, sembah catur: supaya
lumuntur, dihin: raga, cipta, jiwa, rasa, kaki, ing kono lamun tinemu, tandha
nugrahaning Manon.
Kelak
saya bertutur, Empat macam sembah supaya dilestarikan; Pertama; sembah raga,
kedua; sembah cipta, ketiga; sembah jiwa, dan keempat; sembah rasa, anakku! Di
situlah akan bertemu dengan pertanda anugrah Tuhan.
02.
Sembah
raga puniku, pakartine wong amagang laku, susucine asarana saking warih, kang
wus lumrah limang wektu, wantu wataking wawaton.
Sembah
raga adalah Perbuatan orang yang lagi magang “olah batin” Menyucikan diri
dengan sarana air, Yang sudah lumrah misalnya lima waktu Sebagai rasa
menghormat waktu.
03. Inguni-uni ersua, sinarawung wulang kang
sinerung, lagi iki bangsa kas ngetok-ken anggit, mintoken kawignyanipun,
sarengate elok-elok.
Zaman
dahulu belum pernah dikenal ajaran yang penuh tabir, Baru kali ini ada orang
menunjukkan hasil rekaan, memamerkan kebisaannya amalannya aneh-aneh.
04. Thithik kaya santri Dul, gajeg kaya santri
brahi kidul, saurute Pacitan pinggir pasisir, ewon wong kang padha nggugu,
anggere guru nyalemong.
Kadang
seperti santri “Dul” (gundul) Bila tak salah, seperti santri wilayah
selatan Sepanjang Pacitan tepi pantai Ribuan orang yang percaya. Asal-asalan
dalam berucap.
05. Kasusu arsa weruh, cahyaning Hyang kinira yen
karuh, ngarep-arep urup arsa den kurebi, Tan wruh kang mangkoko iku, akale
keliru enggon.
Keburu
ingin tahu, cahaya Tuhan dikira dapat ditemukan, Menanti-nanti besar keinginan
(mendapatkan anugrah) namun gelap mata Orang tidak paham yang demikian itu Nalarnya
sudah salah kaprah.
06. Yen ta jaman rumuhun, tata titi tumrah
tumaruntun, bangsa srengat tan winor lan laku batin, dadi ora gawe bingung,
kang padha nembah Hyang Manon.
Bila
zaman dahulu, Tertib teratur runtut harmonis sariat tidak dicampuraduk dengan
olah batin, jadi tidak membuat bingung
bagi yang menyembah Tuhan.
07. Lire sarengat iku, kena uga ingaranan laku,
dihin ajeg kapindhone ataberi, pakolehe putraningsun, nyenyeger badan mwih
kaot.
Sesungguhnya
sariat itu dapat disebut olah, yang bersifat ajeg dan tekun. Anakku, hasil
sariat adalah dapat menyegarkan badan agar lebih baik,
08. Wong seger badanipun, otot daging kulit balung
sungsum, tumrah ing rah memarah antenging ati, antenging ati nunungku, angruwat
ruweting batos.
Badan,
otot, daging, kulit dan tulang sungsumnya menjadi segar, Mempengaruhi darah,
membuat tenang di hati. Ketenangan hati membantu Membersihkan kekusutan batin.
09. Mangkono mungguh ingsun, ananging ta sarehne
asnafun, beda-beda panduk panduming dumadi, sayektine nora jumbuh, tekad kang
padha linakon.
Begitulah
menurut ku! Tetapi karena orang itu berbeda-beda, Beda pula garis nasib dari
Tuhan. Sebenarnya tidak cocok tekad yang pada dijalankan itu.
10. Nanging ta paksa tutur, rehning tuwa tuwase
mung catur, bok lumuntur lantaraning reh utami, sing sapa temen tinemu, nugraha
geming Kaprabon.
Namun
terpaksa bersua nasehat Karena sudah tua kewajibannya hanya
ersua petuah. Siapa tahu dapat lestari menjadi pedoman
tingkah laku utama. Barang siapa bersungguh-sungguh akan mendapatkan anugrah
kemuliaan dan kehormatan.
11.
Samengko sembah kalbu, yen lumintu uga dadi
laku, laku agung kang kagungan Narapati, patitis tetesing kawruh, meruhi marang
kang momong.
Berikutnya,
sembah kalbu itu jika berkesinambungan juga menjadi olah spiritual. Olah (spiritual) tingkat tinggi yang
dimiliki Raja. Tujuan ajaran ilmu ini; untuk memahami yang mengasuh diri (guru
sejati/pancer).
12. Sucine tanpa banyu, mung nyenyuda mring
ersuasiv kalbu, pambukane tata, titi, ngati-ati, atetetp talaten atul, tuladhan
marang waspaos.
Bersucinya
tidak menggunakan air Hanya menahan nafsu di hati Dimulai dari perilaku yang
tertata, teliti dan hati-hati (eling dan waspada) Teguh, sabar dan tekun, semua
menjadi watak dasar, Teladan bagi sikap waspada.
13. Mring jatining pandulu, panduk ing ndon
dedalan satuhu, lamun lugu ersuasi reh maligi, lageane tumalawung,
wenganing alam kinaot.
Alam
penglihatan yang sejati, Menggapai sasaran dengan tata cara yang benar. Biarpun
sederhana tatalakunya dibutuhkan konsentrasi Sampai terbiasa mendengar suara
sayup-sayup dalam keheningan Itulah, terbukanya “alam lain”
14. Yen wus kambah kadyeku, sarat sareh
saniskareng laku, kalakone saka eneng, ening, eling, Ilanging rasa tumlawung,
kono adile Hyang Manon.
Bila
telah mencapai seperti itu, Saratnya sabar segala tingkah laku. Berhasilnya
dengan cara; Membangun kesadaran, mengheningkan cipta, pusatkan fikiran
kepada ersua Tuhan. Dengan hilangnya rasa sayup-sayup, di situlah
keadilan Tuhan terjadi. (jiwa memasuki alam gaib rahasia Tuhan).
15. Gagare ngunggar kayun, tan kayungyun mring
ayuning kayun, bangsa anggit yen ginigit nora dadi, Marma den awas den emut,
mring pamurunging lelakon.
Gugurnya
jika menuruti kemauan jasad (nafsu) Tidak suka dengan indahnya kehendak rasa
sejati, Jika merasakan keinginan yang tidak-tidak akan gagal. Maka awas dan ingatlah dengan yang membuat
gagal tujuan.
16. Samengko kang tinutur, sembah katri kang sayekti
katur, mring Hyang Sukma sukmanen sehari-hari, arahen dipun kecakup, sembah ing
Jiwa sutengong.
Nanti
yang diajarkan Sembah ketiga yang sebenarnya diperuntukkan kepada Hyang
sukma (jiwa). Hayatilah dalam kehidupan sehari-hari Usahakan agar mencapai
sembah jiwa ini anakku!
17. Sayekti luwih prelu, ingaranan pepuntoning
laku, kalakuan kang tumrap bangsaning batin, sucine lan Awas Emut, mring alame
alam amot.
Sungguh
lebih penting, yang disebut sebagai ujung jalan spiritual, Tingkah laku olah
batin, yakni menjaga kesucian dengan awas dan selalu ingat akan alam nan abadi
kelak.
18. Ruktine ngangkah ngukut, ngiket ngrukut
triloka kakukut, jagad agung gimulung lan jagad cilik, Den kandel kumandel kulup,
mring kelaping alam kono.
Cara
menjaganya dengan menguasai, mengambil, mengikat, merangkul erat tiga jagad
yang dikuasai. Jagad besar tergulung oleh jagad kecil,
Pertebal keyakinanmu anakku! Akan kilaunya alam tersebut.
19. Keleme mawa limut, kalamatan jroning alam
kanyut, sanyatane iku kanyatan kaki, Sajatine yen tan emut, sayekti tan bisa
awor.
Tenggelamnya
rasa melalui suasana “remang berkabut”,Mendapat firasat dalam alam yang
menghanyutkan, Sebenarnya hal itu kenyataan, anakku! Sejatinya jika tidak ingat.
Sungguh tak bisa “larut”.
20. Pamete saka luyut, sarwa sareh saliring
panganyut, lamun yitna kayitnan kang mitayani, tarlen mung pribadinipun, kang
katon tinonton kono.
Jalan
keluarnya dari luyut (batas antara lahir dan batin) Tetap sabar mengikuti
“alam yang menghanyutkan”Asal hati-hati dan waspada yang menuntaskan
tidak lain hanyalah diri pribadinya yang tampak terlihat di situ.
21. Nging away salah surup, kono ana sajatining
Urub, yeku urup pangarep uriping Budi, sumirat sirat narawung, kadya kartika
katongton.
Tetapi
jangan salah mengerti Di situ ada cahaya sejati Ialah cahaya pembimbing, ersua
penghidup akal budi.Bersinar lebih terang dan cemerlang, tampak bagaikan
bintang.
22. Yeku wenganing kalbu, kabukane kang wengku
winengku, wewengkone wis kawengku neng sireki, nging sira uga kawengku, mring
kang pindha kartika byor.
Yaitu
membukanya pintu hati Terbukanya yang kuasa-menguasai (antara cahaya/nur dengan
jiwa/roh). Cahaya itu sudah kau (roh) kuasai Tapi kau (roh) juga dikuasai
oleh cahaya yang seperti bintang cemerlang.
23. Samengko ingsun tutur, gantya sembah ingkang
kaping catur, sembah Rasa karasa rosing dumadi, dadine wis tanpa tuduh, mung
kalawan kasing Batos.
Nanti
ingsun ajarkan, Beralih sembah yang ke empat. Sembah rasa terasalah hakekat
kehidupan. Terjadinya sudah tanpa petunjuk, hanya dengan kesentosaan batin.
24. Kalamun ersua lugu, aja pisan wani
ngaku-aku, antuk siku kang mangkono iku kaki, kena uga wenang muluk, kalamun
wus pada melok.
Apabila
belum bisa membawa diri, Jangan sekali-kali berani mengaku-aku, mendapat laknat
yang demikian itu anakku! Artinya, seseorang berhak berkata apabila sudah
mengetahui dengan nyata.
25. Meloke ujar iku, yen wus ilang sumelang ing
kalbu, ersu kandel kumandel ngandel mring takdir, iku den awas den emut,
den memet yen arsa momot.
Menghayati
pelajaran ini Bila sudah hilang keragu-raguan hati. Hanya percaya
dengan sungguh-sungguh kepada takdir itu harap diwaspadai, diingat, dicermati
bila ingin menguasai seluruhnya.
26. Pamoring ujar iku, kudu santosa ing budi
teguh, sarta sabar tawekal legaweng ati, trima lila ambeh sadu, weruh wekasing
dumados.
Melaksanakan
petuah itu Harus kokoh budi pekertinya Teguh serta sabar tawakal lapang dada
Menerima dan ikhlas apa adanya sikapnya dapat dipercaya Mengerti “sangkan
paraning dumadi”.
27. Sabarang tindak-tanduk, tumindake lan
sakadaripun, den ngaksama kasisipaning ersua, sumimpanga ing laku dur,
ersuasiv budi kang ngrodon.
Segala
tindak tanduk dilakukan ala kadarnya, ersua maaf atas kesalahan ersua, menghindari
perbuatan tercela, (dan) watak angkara yang besar.
28. Dadya wruh iya dudu, yeku minangka pandaming
kalbu, ersua buka ing kijab bullah agaib, sesengkeran kang sinerung,
dumunung telenging batos.
Sehingga
tahu baik dan buruk, Demikian itu sebagai ketetapan hati, Yang membuka penghalang/tabir
antara ersua dan Tuhan, Tersimpan dalam rahasia, Terletak di dalam batin.
29. Rasaning urip iku krana momor pamoring
sawujud, wujuddullah sumrambah ngalam sakalir, lir manis kalawan madu, endi
arane ing kono.
Rasa
hidup itu dengan cara manunggal dalam satu wujud, Wujud Tuhan meliputi alam
semesta, bagaikan rasa manis dengan madu. Begitulah ungkapannya.
30. Endi manis endi madu, yen wis bisa nuksmeng
pasang semu, pasamaoning hebing kang Maha Suci, kasikep ing tyas kacakup, kasat
mata lair batos.
Mana
manis mana madu, apabila sudah bisa menghayati gambaran itu, Bagaimana
pengertian sabda Tuhan, Hendaklah digenggam di dalam hati, sudah jelas dipahami
secara lahir dan batin.
31. Ing batin tan keliru, kedhap kilap liniling
ing kalbu, kang minangka colok celaking Hyang Widi, widadaning budi sadu,
pandak panduking liru nggon.
Dalam
batin tak keliru, Segala cahaya indah dicermati dalam hati, Yang menjadi
petunjuk dalam memahami hakekat Tuhan, Selamatnya karena budi (bebuden)
yang jujur (hilang nafsu), Agar dapat merasuk beralih “tempat”.
32. Nggonira mrih tulus, kalaksitaning reh kang
rinuruh, ngayanira mrih wikal, warananing gaib, paranta lamun tan weruh,
sasmita jatining endhog.
Agar
usahamu berhasil, Dapat menemukan apa yang dicari, upayamu agar dapat melepas
penghalang kegaiban, Apabila kamu tidak paham; lihatlah tentang bagaimana
terjadinya telur.
33. Putih lan kuningpun, lamun arsa titah teka
mangsul, dene nora mantra-mantra yen ing lair, bisa aliru wujud, kadadeyane ing
kono.
Putih dan
kuningnya, bila akan mewujud (menetas), wujud datang berganti, tak
disangka-sangka, bila kelahirannya dapat berganti wujud, Kejadiannya di situ!
34. Istingarah tan metu, lawan istingarah tan
lumebu, dene ing njro wekasane dadi njawi, raksana kang tuwajuh, aja kongsi
kabasturon.
Dipastikan
tidak keluar, juga tidak masuk, Kenyataannya yang di dalam akhirnya menjadi di
luar, Rasakan sunguh-sungguh, Jangan sampai terlanjur tak bisa memahami.
35. Karana yen kebanjur, kajantaka tumekeng
ersua, tanpa tuwas yen tiwasa ing dumadi, dadi wong ina tan wruh, dhewekw den
anggep dhayoh.
Sebab
apabila sudah terlanjur, akan tak tenang sepanjang hidup, tidak ada gunanya
bila kelak mati, Menjadi orang hina yang bodoh, dirinya sendiri malah dianggap
tamu.
PUPUH V
K I N A N T H I
01. Mangka kantining tumuwuh, salami mung
awas eling, eling lukitaning alam, wedi weryaning dumadi, supadi niring sangsaya,
yeku pangreksaning urip.
Padahal bekal hidup, selamanya waspada
dan ingat, Ingat akan pertanda yang adadi ersuasi, Menjadi kekuatannya
asal-usul, supaya lepas dari sengsara. Begitulah memelihara hidup.
02. Marma den taberi kulup, angulah
lantiping ati, rina wengi den anedya, pandak-panduking pambudi, bengkas
kahardaning driya, supadya dadya utami.
Maka rajinlah anak-anakku, Belajar
menajamkan hati, Siang malam berusaha, merasuk ke dalam sanubari, melenyapkan
nafsu pribadi, Agar menjadi (manusia) utama.
03. Pangasahe sepi samun, away esah ing
salami, samangsa wis kawistara, lalandhepe mingis-mingis, ersu wukir reksa
muka, kekes srabedaning budi.
Mengasahnya di alam sepi (semedi), Jangan
berhenti selamanya, Apabila sudah kelihatan, tajamnya luar biasa, mampu
mengiris gunung penghalang, Lenyap semua penghalang budi.
04. Dene awas tegesipun, weruh warananing
urip, miwah wisesaning tunggal, kang atunggil rina wengi, kang mukitan ing sakarsa,
gumelar ngalam sakalir.
Persuasi artinya, tahu penghalang
kehidupan, serta kekuasaan yang tunggal, yang bersatu siang malam, Yang
mengabulkan segala kehendak, terhampar alam semesta.
05. Away sembrana ing kalbu, wawasen wuwus
sireki, ing kono yekti karasa, dudu ucape pribadi, marma den sembadeng sedya,
wewesen praptaning uwis.
Hati jangan lengah, Waspadailah
kata-katamu, Di situ tentu terasa, bukan ucapan pribadi, Maka
tanggungjawablah, perhatikan semuanya sampai tuntas.
06. Sirnakna semanging kalbu, den waspada
ing pangeksi, yeku dalaning kasidan, sinuda saka satitik, pamotahing nafsu
hawa, jinalantih mamrih titih.
Sirnakan keraguan hati, waspadalah
terhadap pandanganmu, Itulah caranya berhasil, Kurangilah sedikit demi sedikit
godaan hawa nafsu, Latihlah agar terlatih.
07. Away mamatuh malutuh, tanpa tuwas tanpa
kasil, kasalibuk ing srabeda, marma dipun ngati-ati, urip keh rencananira,
sambekala den kaliling.
Jangan terbiasa berbuat aib, Tiada guna tiada
hasil, terjerat oleh aral, Maka berhati-hatilah, Hidup ini banyak rintangan, Godaan
harus dicermati.
08. Upamane wong lumaku, marga gawat den
liwati, lamun kurang ing pangarah, sayekti karendet ing ri, apese kasandhung
padhas, babak bundhas anemahi.
Seumpama orang berjalan, Jalan berbahaya
dilalui, Apabila kurang perhitungan, Tentulah tertusuk duri, celakanya terantuk
batu, Akhirnya penuh luka.
09. Lumrah bae yen kadyeku, atetamba yen wis
bucik, duwea kawruh sabodag, yen ta nartani ing kapti, dadi kawruhe kinarya,
ngupaya kasil lan melik.
Lumrahnya jika seperti itu, Berobat
setelah terluka, Biarpun punya ilmu segudang, bila tak sesuai tujuannya, ilmunya
hanya dipakai mencari nafkah dan pamrih.
10. Meloke yen arsa muluk, muluk ujare lir
wali, wola-wali nora nyata, anggepe pandhita luwih, kaluwihane tan ana, kabeh
tandha-tandha sepi.
Baru kelihatan jika keinginannya
muluk-muluk, Muluk-muluk bicaranya seperti wali, Berkali-kali tak terbukti, merasa
diri pandita istimewa, Kelebihannya tak ada, Semua bukti sepi.
11. Kawruhe mung ana wuwus, wuwuse gumaib
baib, kasliring titik tan kena, mancereng alise gatik, apa pandhita antige,
kang mangkono iku kaki.
Ilmunya sebatas mulut, Kata-katanya di
gaib-gaibkan, Dibantah sedikit saja tidak mau, mata membelalak alisnya menjadi
satu, Apakah yang seperti itu pandita palsu,..anakku?
12. Mangka ta ersuasiv laku, lakune
ngelmu sajati, tan dahwen pati openan, tan panasten nora jail, tan njurungi ing
kaardan, ersu eneng mamrih ening.
Padahal yang disebut “laku”, sarat
menjalankan ilmu sejati tidak suka omong kosong dan tidak suka memanfaatkan
hal-hal sepele yang bukan haknya, Tidak iri hati dan jail, Tidak melampiaskan
hawa nafsu. Sebaliknya, bersikap tenang agar menggapai keheningan jiwa.
13. Kunanging budi luhung, bangkit ajur ajer
kaki, yen mangkono bakal cikal, thukul wijining utami, nadyan bener kawruhira,
yen ana kang nyulayani.
Luhurnya budipekerti, pandai
beradaptasi, anakku! Demikian itulah awal mula, tumbuhnya benih keutamaan, Walaupun
benar ilmumu, bila ada yang mempersoalkan.
14. Tur kang nyulayani iku, wus wruh yen
kawruhe nempil, nanging laire angalah, katingala angemori, mung ngenaki tyasing
liyan, away esak away serik.
Walau orang yang mempersoalkan itu,
sudah diketahui ilmunya dangkal, tetapi secara lahir kita mengalah, berkesanlah
ersuasive, sekedar menggembirakan hati orang lain. Jangan sakit hati dan
dendam.
15. Yeku ilapating wahyu, yen yuwana ing
salami, marga wimbuh ing nugraha, saking heb kang Maha Suci, cinancang pucuking
cipta, nora ucul-ucul kaki.
Begitulah sarat turunnya wahyu, Bila
teguh selamanya, dapat bertambah anugrahnya, dari sabda Tuhan Mahasuci, terikat
di ujung cipta, tiada terlepas-lepas anakku.
16. Mangkono ingkang tinamtu, tampa
nugrahaning Widhi, marma ta kulup den bisa, mbusuki ujaring janmi, pakoleh lair
batinnya, iyeku budi premati.
Begitulah yang digariskan, Untuk
mendapat anugrah Tuhan. Maka dari itu anakku, sebisanya, kalian
pura-pura menjadi orang bodoh terhadap perkataan orang lain, nyaman lahir batinnya,
yakni budi yang baik.
17. Pantes tinulad tinurut, laladane mrih
utami, utama kembanging mulya, kamulyaning jiwa dhiri, ora yen ta ngeplekana,
lir leluhur nguni-uni.
Pantas menjadi suri tauladan yang
ditiru, Wahana agar hidup mulia, kemuliaan jiwa raga. Walaupun tidak persis, seperti
nenek moyang dahulu.
18. Ananging ta kudu-kudu, sakadarira
pribadi, away tinggal tutuladan, lamun tan mangkono kaki, yekti tuna ing
tumitah, poma kaestokna kaki.
Tetapi harus giat berupaya, sesuai
kemampuan diri, Jangan melupakan suri tauladan, Bila tak berbuat demikian itu
anakku, pasti merugi sebagai manusia. Maka lakukanlah
anakku!
1. Ajaran
Dalam Setiap Pupuh
a.
Pupuh Pangkur
Pupuh
pangkur pada serat wedhatama merupakan suatu prolog sebelum masuk ke
permasalahan yang utama. KGPAA Mangkunegara IV yang merupakan pengarang dari
serat ini mengajarkan dalam mendidik anak cucu menerangkan adanya perbedaan
yang mendasar antara orang yang mempunyai watak dan budi pekerti yang luhur dan
orang yang sombong lagi bodoh dari segi cirri-cirinya. Adapun ajaran-ajaran
yang tertuang dalam pupuh pertama serat wedhatama ialah
·
Agama
adalah pegangan hidup yang berharga “agama ageming aji “
·
Janganlah
menjadi orang yang mempunyai budi yang lemah, jika begitu kalaupun sudah tua
pasti bagaikan orang yang tidak berharga.
·
Perilaku
orang yang bodoh dan sombong yaitu bualannya tidak karuan dan tidak ada
hikmahnya.
·
Orang
yang pintar dan berbudi luhur hanya diam menanggapi orang yang bodoh tersebut
dengan hanya diam dan menjaga perasaan hati orang bodoh tersebut. Orang pintar
menerima dengan senang hati jika dianggap bodoh dan tetap gembira jika dihina.
·
Keburukan
tentang ilmu karang atau ilmu sihir, ilmu tersebut tidak berguna dalam
ketenangan jiwa.
·
Anjuran
untuk mencari kebaikan , berguru kepada orang yang berjiwa pertapa, yang telah
memahami wahyu Allah dan yang sudah tidak dikendalikan lagi oleh hawa dan
nafsu.
b.
Pupuh Sinom
Setelah
dijelaskan sebagai pengantar dalam pupuh pangkur, pupuh kedua dalam serat
wedhatama menggambarkan kiat-kiat untuk menggapai ilmu yang sejati, yaitu kiat
untuk ngelmu dalam ajaran jawa. Karena untuk menyeimbangkan antara lahir dan
batin, menyelaraskan antara makrokosmos dan mikrokosmos. Mangkunegara IV
menuliskan ajaran-ajaran dalam pupuh kedua ini setelah memahami hakikat pada
pupuh pertama.
·
Supaya
meniru perilaku yang baik yang dicontohkan oleh Panembahan Senapati dengan
menekan hawa nafsu, berusaha menyenangkan hati orang lain dan laku prihatin.
Kesemuanya itu mempunyai tujuan agar memperoleh kehalusan budi.
·
Ajaran
agar orang hidup dapat mencapai 3 hal, yakni pangkat, harta dan kepintaran.
·
Dalam
memahami hakikat hidup pribadinya sendiri, dapat dilakukan dengan bersemedi dan
bertapa, menjauh dari keramaian guna untuk menyepikan diri.
c.
Pocung
Pupuh
pocung dalam serat wedhatama merupakan pupuh yang ketiga. Pupuh ini menggambarkan
ketika seseorang yang sudah mengetahui tentang baik buruk, dan telah
melaksanakan tugas untuk mencari ilmu maka pupuh ini bercerita tentang amalan-
amalan tentang ilmu yang sudah diperolehnya itu.
·
Ilmu itu
akan dapat tercapai apabila nilai-nilainya diamalkan, karena budi yang baik itu
dapat mengalahkan nafsu angkara murka.
·
Pandangan
bahwa ilmu itu harus sejalan dengan logika dan untuk mencapainya diperlukan
laku yang cukup serius.
·
Ajaran
tentang tiga hal yang perlu dijadikan pegangan yaitu rela jika kehilangan
sesuatu, menerima dengan sabar jika mendapatkan perlakuan yang menyakitkan hati
dan ikhlas menyerahkan diri hanya kepada Tuhan.
·
Untuk
tidak melakukan sifat-sifat keangkaraan seperti mencaci maki tanpa isi,
kesalahan sendiri ditutupi dan kemarahannya dilampiaskan untuk memukul orang
lain.
d.
Pupuh Gambuh
Pupuh
gambuh dalam serat wedhatama mengajarkan tentang sembah- sembah menurut KGPAA
Mangkunegara IV. Setelah tadi prjalanan dari pengantar ilmu yang sejati,
dilanjutkan dalam perjalanan mencari guru lalu menjalani laku yang utama demi
mengamalkan ilmu tersebut, sekarang sampai kepada hakikat ngelmu. Penjelasannya
sebagai berikut:
·
Ajaran
tentang empat macam sembah ( sembah catur), yaitu sembah raga, cipta jiwa dan
rasa.
·
Sembah
raga dianggap sebagai tahapan untuk memulai perjalanan. Di dalam Islam sembah
tersebut berada dalam tahap/ tingkatan Syariat.
·
Ajaran
sembah kalbu (cipta) yang jika dilakukan secara rutin akan menjadi ritual laku,
manfaatnya yaitu dapat mengendalikan hawa dan nafsu.
·
Ajaran sembah
sukma, yaitu sembah yang dilakukan setiap saat dan merupakan ritual perjalanan
terakhir.
·
Ajaran
sembah rasa, yang dengan sembah ini akan memahami hakikat kehidupan.
·
Orang
harus senantiasa sentosa dan berbudi teguh, harus sabar, tawakal, ikhlas, dan nerima
semua keadaannya.
e.
Kinanthi
Dikanthi-kanthi
(diarahkan dan dibimbing) agar menjadi manusia sejati. Yang selalu menjaga bumi
pertiwi. Pupuh kinanthi dalam serat wedhatama mengandung isi ajaran-ajaran
tentang:
·
Mempertajam
perasaan / kepekaan perasaan agar menyingkirkan hawa nafsu supaya menjadi
manusia yang berbudi luhur dengan cara bersemedi / bersepi-sepi dari keramaian
agar mendapat ketenangan hati dan jiwa.
·
Agar
selalu waspada untuk selalu mengetahui penghalang dalam hidup ( mawas diri) dan
selalu menghilangkan keragu-raguan dalam hati supaya mantap dalam melangkah
untuk berbuat kebaikan.
·
Menghilangkan
iri dengki, tidak berhati panas, tidak mengganggu orang lain, dan tidak
melampiaskan hawa nafsu, namun hanya lah diam agar tenang.
·
Ajaran
bahwa mengikuti kebaikan-kebaikan yang telah diajarkan sebagai langkah agar
mencapai kemuliaan.
2. Makna
Tembang
a.
Pangkur
Bila usia
telah uzur, datanglah penyesalan. Manusia menoleh kebelakang (mungkur)
merenungkan apa yang dilakukan pada masa lalu. Manusia terlambat mengkoreksi
diri, kadang kaget atas apa yang pernah ia lakukan, hingga kini yang ada
tinggalah menyesali diri. Kenapa dulu tidak begini tidak begitu. Merasa diri
menjadi manusia renta yang hina dina sudah tak berguna. Anak cucu kadang
menggoda, masih meminta-minta sementara sudah tak punya lagi sesuatu yang
berharga. Hidup merana yang dia punya tinggalah penyakit tua. Siang malam
selalu berdoa saja, sedangkan raga tak mampu berbuat apa-apa. Hidup
enggan mati pun sungkan. Lantas bingung mau berbuat apa. Ke sana-ke mari ingin
mengaji, tak tahu jati diri, memalukan seharusnya sudah menjadi guru ngaji.
Tabungan menghilang sementara penyakit kian meradang. Lebih banyak waktu untuk
telentang di atas ranjang. Jangankan teriak lantang, anunya pun sudah tak bisa
tegang, yang ada hanyalah mengerang terasa nyawa hendak melayang. Sanak kadhang
enggan datang, karena ingat ulahnya di masa lalu yang gemar mentang-mentang.
b.
Sinom
Sinom
isih enom. Jabang bayi berkembang menjadi remaja sang pujaan dan dambaan orang
tua dan keluarga. Manusia yang masih muda usia. Orang tua menjadi gelisah,
siang malam selalu berdoa dan menjaga agar pergaulannya tidak salah arah.
Walupun badan sudah besar namun remaja belajar hidup masih susah. Pengalamannya
belum banyak, batinnya belum matang, masih sering salah menentukan arah dan
langkah. Maka segala tindak tanduk menjadi pertanyaan sang bapa dan ibu. Dasar
manusia masih enom (muda) hidupnya sering salah kaprah.
c.
Pocung
Pocung
atau pocong adalah orang yang telah mati lalu dibungkus kain kafan. Itulah
batas antara kehidupan mercapadha yang panas dan rusak dengan kehidupan yang
sejati dan abadi. Bagi orang yang baik kematian justru menyenangkan sebagai
kelahirannya kembali, dan merasa kapok hidup di dunia yang penuh derita. Saat
nyawa meregang, rasa bahagia bagai lenyapkan dahaga mereguk embun pagi. Bahagia
sekali disambut dan dijemput para leluhurnya sendiri. Berkumpul lagi di alam
yang abadi azali. Kehidupan baru setelah raganya mati.
d.
Gambuh
Gambuh
atau Gampang Nambuh, sikap angkuh serta acuh tak acuh, seolah sudah menjadi
orang yang teguh, ampuh dan keluarganya tak akan runtuh. Belum pandai sudah
berlagak pintar. Padahal otaknya buyar matanya nanar merasa cita-citanya sudah
bersinar. Menjadikannya tak pandai melihat mana yang salah dan benar. Di
mana-mana ingin diakui bak pejuang, walau hatinya tak lapang. Pahlawan bukanlah
orang yang berani mati, sebaliknya berani hidup menjadi manusia sejati.
Sulitnya
mencari jati diri kemana-mana terus berlari tanpa henti. Memperoleh
sedikit sudah dirasakan banyak, membuat sikapnya mentang-mentang bagaikan sang
pemenang. Sulit mawas diri, mengukur diri terlalu tinggi. Ilmu yang
didapatkannya seolah menjadi senjata ampuh tiada tertandingi lagi. Padahal
pemahamannya sebatas kata orang. Alias belum bisa menjalani dan menghayati.
Bila merasa ada yang kurang, menjadikannya sakit hati dan rendah diri.
Jika tak tahan ia akan berlari menjauh mengasingkan diri. Menjadi pemuda pemudi
yang jauh dari anugrah ilahi.
Maka,
belajarlah dengan teliti dan hati-hati. Jangan menjadi orang yang mudah gumunan
dan kagetan. Bila sudah paham hayatilah dalam setiap perbuatan. Agar ditemukan
dirimu yang sejati sebelum raga yang dibangga-banggakan itu menjadi mati.
e.
Kinanthi
Semula
berujud jabang bayi merah merekah, lalu berkembang menjadi anak yang selalu
dikanthi-kanthi kinantenan orang tuannya sebagai anugrah dan berkah. Buah hati
menjadi tumpuan dan harapan. Agar segala asa dan harapan tercipta, orang tua
selalu membimbing dan mendampingi buah hati tercintanya. Buah hati bagaikan
jembatan, yang dapat menyambung dan mempererat cinta kasih suami istri. Buah
hati menjadi anugrah ilahi yang harus dijaga siang ratri. Dikanthi-kanthi
(diarahkan dan dibimbing) agar menjadi manusia sejati. Yang selalu menjaga bumi
pertiwi.
3. Kaitan
Antar Pupuh
Dalam penulisan karya sastra pasti ada
maksud tertentu dibalik penulisannya itu. Serat wedhatama yang ditulis oleh
KGPAA Mangkunegara IV juga mempunyai maksud tertentu dibalik pemilihan tembang
yang dipakai tersebut. Pemilihan tembang macapat yang oleh Mangkunegara IV
sendiri dipilih mulai dari Pangkur, Sinom, Pocung, Gambuh, dan Kinanthi
mengandung makna yang tersembunyi selain makna tembang macapat itu sendiri.
Makna tembang macapat yang digunakan oleh MN IV sudah diuraikan diatas. Dalam
pupuh pertama dipilih tembang pangkur. Pupuh pangkur tersebut bermakna sebagai
prolog dan menceritakan cirri orang yang mempunyai sifat yang luhur dan orang
yang mempunyai sifat yang bodoh lagi sombong. Pupuh yang kedua yaitu sinom,
pupuh sinom dalam serat wedhatama mempunyai makna jika seseorang sudah
mengetahui permasalahannya itu diharapkan dapat mencari ilmu dengan berguru
pada orang yang lebih tahu akan ilmu tersebut.
Selanjutnya dalam pupuh yang berkaitan,
jika sudah mantab dengan ilmunya maka orang tersebut dapat mengamalkannya. Lalu
pada pupuh selanjutnya diharapkan dapat mempelajari hakikat ilmu yang dimaksud
dalam serat wedhatama tersebut.
Serat wedhatama yang di tulis oleh MN IV jika dikaitkan dengan ilmu tasawuf, maka akan mempunyai arti perjalanan mistik yang dimulai dari syari’at yaitu menjalankan ajaran- ajaran yang dilakukan secara tekun terus menerus. Apabila syari’at sudah terlaksana dengan baik maka akan berlanjut pada tingkat tarekat yaitu menjalankan apa yang sudah didapat dari tarekat. Selanjutnya pada tingkatan selanjutnya dapat mencapai hakikat yaitu memahami seluruhnya maksud dan makna dari apa yang didapat dari ilmu itu dan mengamalkannya dengan laku. Lalu pada tingkatan terakhir setelah semua tingkatan sebelumnya dapat dilakukan dengan baik maka akan mencapai tingkatan tertinggi tasawuf yaitu tingkatan ma’rifat. Tingkatan ma’rifat dalam ajaran jawa umumnya disebut dengan Manunggaling Kawula Gusti atau Pamoring Kawula Gusti yaitu bersatunya hamba dengan Tuhan melalui jiwa dan rasanya.
Serat wedhatama yang di tulis oleh MN IV jika dikaitkan dengan ilmu tasawuf, maka akan mempunyai arti perjalanan mistik yang dimulai dari syari’at yaitu menjalankan ajaran- ajaran yang dilakukan secara tekun terus menerus. Apabila syari’at sudah terlaksana dengan baik maka akan berlanjut pada tingkat tarekat yaitu menjalankan apa yang sudah didapat dari tarekat. Selanjutnya pada tingkatan selanjutnya dapat mencapai hakikat yaitu memahami seluruhnya maksud dan makna dari apa yang didapat dari ilmu itu dan mengamalkannya dengan laku. Lalu pada tingkatan terakhir setelah semua tingkatan sebelumnya dapat dilakukan dengan baik maka akan mencapai tingkatan tertinggi tasawuf yaitu tingkatan ma’rifat. Tingkatan ma’rifat dalam ajaran jawa umumnya disebut dengan Manunggaling Kawula Gusti atau Pamoring Kawula Gusti yaitu bersatunya hamba dengan Tuhan melalui jiwa dan rasanya.
Apabila pupuh diatas dikaitkan dengan
empat macam sembah atau yang biasanya disebut dengan “sembah catur” maka akan
didapati yaitu sembah raga, cipta, jiwa dan rasa. Sembah raga dianggap sebagai
akan memulai sebuah perjalanan. Sembah cipta jika dilakukan terus menerus akan
menjadi ritual laku dengan mengendalikan hawa nafsu. Lalu sembah jiwa yaitu
sembah yang dilakukan setiap saat dan merupakan perjalanan ritual terakhir dan
yang tertinggi adalah sembah rasa yaitu akan mampu memahami hakikat dari
kehidupan, tercapainya tanpa petunjuk, hanya dengan kesentausaan batin.
Serat wedhatama merupakan jenis serat
piwulang yang ditulis oleh KGPAA Mangkunegara IV. Dalam serat wedhatama
terdapat ajaran-ajaran (piwulang) yang luhur dari para leluhur orang Jawa. Dan
apabila dilaksanakan maka akan mendapat ketenangan hati dan jiwa dan dapat
memahami arti dari kehidupan menurut pandangan dari orang jawa.
0 komentar:
Posting Komentar