Wayang kulit Kanggo Sumber Etika Ana ing kehidupan pribadi lan publik
Tulisan
Versi Nganggo Bahasa Jawa
Wayang kulit yaiku tontonan sing dimainke
karo Ki Dalang, diiringi gendhing
gamelan sing dimainke karo sekelompok nayaga lan lagune dinyanyiake karo
Sinden. Wayang yaiku seni pertunjukan sing asale saka Jawa. Wayang mulai tumbuh
pesat ana ing Jawa lan Bali. Ora ana bukti sing nunjukake menowo asal-usul
wayang kuwi, nanging nganti tekan saiki, catatan sing paling awal sing didapat
soko pertunjukan Wayang asale soko Balitung prasasti sekitar abad 4 sing moco
mawayang Galigi. Dipentasake cerito kisah Wayang biasane yaiku Mahabharata lan
Ramayana.
Pawongan sing mainke Wayang disebut Dalang.Dalang yaiku
peran sing paling penting ana ing pertujukan wayang (prototipe wayang)Ana ing
terminology bahasa Jawa, dalang asale seko singkatan ngudhal piwulang. Ngudhal
sing artine mbongkar utowo nyebarake lan piwulang sing artine pengajaran,
pendidikan, ilmu pengetahuan, informasi. Dadi di mana Dalang ing Wayang ora gur
nunjukake aspek tontonan wae, nanging ugo ana bimbingane. Amergo saka kuwi,
selain nguwasai teknik pedalangan kanggo aspek hiburan, dalang kudhu
berpengetauhan sing luas lan mampu menehi efek.
Karakter ana ing wayang ana atusan. Wayang sing ora dimainke
di dhelehake ana ing wit gedhang cerak karo dalang. Nek wayang dimainke, wayang muncul sebagai
bayangan ana ing layar putih ing ngarep dalang. Setiap kinerja Wayang
menyajikan crito sing bedo ana ing permainan. Ragam bermain dibagi dadi 4
kategori: grip cerita, bermain carangan, bermain gubahan lan bermain karangan.
Bermain grip duweni cerito sing sama sekali berakar ing perpustakaan sementara
nek bermain Wayang carangan gur garis besare wae sing diambil seko perpustakaan
Wayang. Bermain gubahan ora berakar ing cerito wayang nanging nganggo tempat
sing tepat ing perpustakaan Wayang, sementara buket bermain sakabehe longgar.
Kekuatan sing utama ana ing wayang, iyo ugo ngerupaake
identitas, yoiku isi soko nilai filsafat. Boneka urip lan berkembang waktu sing
suwe iku berhasil menyerap nilai-nilai lan kebajikan hidup terus dilestarekake
ana ing berbagai pertunjukan wayang.
Mulai seko pemujaan leluhur, wayang wis sangat religius,
enthuk masukan seko Hindhu, sehingga
wayang media sing kuat kanggo ritual lan etika messenger. Proses akulturasi isi
negesake isi-isi posisi wayang kanggo sumber etika lan filsafat tekun lan terus
disampaiake ana ning publik. Amergo seko kuwi ana pendapat, ora bedo menowo
wayang kanggo buku filsafat, yaiku filsafat kepulauan sing iso digunaake kanggo
sumber etika ing kehidupan pribadi lan publik. Tontonan wayang dudu meneh
sekedar bayangan utowo ‘wayang, nanging kanggo ‘ ngaurip wewayangane’ sing
ngarupaake bayangan kehidupan manusia. Ing pertunjukan wayang, iso
dirasionalisasi lan iso ngerasaake kehidupan manusia seko lahir nganti tekane
pati. Perjalanan urip manusia kanggo usaha negakake hak kanggo ngalahake kuwi
ora bener.
Tulisan
Versi Bahasa Indonesia
Wayang kulit adalah seni pertunjukan yang dimainkan oleh sang dalang, diiringi
musik gamelan yang dimainkan oleh
sekelompok nayaga dan lagu dinyanyikan oleh
Sinden (penyanyi). Wayang adalah seni
pertunjukan yang berasal dari
Jawa. Wayang mulai tumbuh pesat di Jawa dan Bali. Tidak ada bukti yang jelas yang menjelaskan asal-usul Wayang itu sendiri, namun
sampai saat ini, catatan awal
yang bisa didapat tentang pertunjukan Wayang berasal
dari Balitung prasasti sekitar abad ke-4 yang membaca mawayang
Galigi. Dipentaskan cerita kisah Wayang
biasanya adalah Mahabharata
dan Ramayana.
Seseorang yang digunakan untuk memainkan Wayang disebut
Dalang (dalang).
Dalang adalah peran yang paling penting dalam sebuah pertunjukan Wayang (prototipe wayang). Dalam terminologi bahasa Jawa, dalang (barrier) berasal dari singkatan ngudhal piwulang. Ngudhal berarti untuk membongkar atau menyebarkan dan piwulang berarti pengajaran, pendidikan, ilmu pengetahuan, informasi. Jadi di mana Dalang dalam Wayang menunjukkan tidak hanya pada aspek tontonan (hiburan) saja, tetapi juga bimbingan. Oleh karena itu, selain menguasai teknik pedalangan sebagai aspek hiburan, dalang harus berpengetahuan dan mampu memberikan efek.
Dalang adalah peran yang paling penting dalam sebuah pertunjukan Wayang (prototipe wayang). Dalam terminologi bahasa Jawa, dalang (barrier) berasal dari singkatan ngudhal piwulang. Ngudhal berarti untuk membongkar atau menyebarkan dan piwulang berarti pengajaran, pendidikan, ilmu pengetahuan, informasi. Jadi di mana Dalang dalam Wayang menunjukkan tidak hanya pada aspek tontonan (hiburan) saja, tetapi juga bimbingan. Oleh karena itu, selain menguasai teknik pedalangan sebagai aspek hiburan, dalang harus berpengetahuan dan mampu memberikan efek.
Sumber: http://www.beritajawa.com/2015/10/wayang-kulit-kanggo-sumber-etika-ana.html
Karakter dalam Wayang sebesar ratusan. Para wayang tidak
dimainkan diletakkan di pohon pisang dekat
dalang. Ketika dimainkan,
wayang akan muncul sebagai bayangan di layar putih
di depan dalang. Setiap kinerja Wayang menyajikan
cerita yang berbeda dalam bermain.
Ragam bermain dibagi
menjadi 4 kategori: grip cerita, bermain
carangan, bermain gubahan dan bermain
karangan. Bermain grip memiliki cerita
yang sama sekali berakar di
perpustakaan sementara di bermain
Wayang carangan hanya
garis besarnya diambil dari perpustakaan Wayang. Bermain
gubahan tidak berakar
dalam cerita wayang tetapi memakai tempat
yang tepat di perpustakaan Wayang,
sementara buket bermain sepenuhnya longgar.
Kekuatan utama budaya wayang, yang juga merupakan identitas,
adalah isi dari filsafat nilai. Boneka tumbuh dan berkembang untuk waktu yang
lama itu berhasil menyerap nilai-nilai dan kebajikan hidup terus dilestarikan
dalam berbagai pertunjukan wayang. Mulai dari pemujaan leluhur, wayang sudah
sangat religius, mendapatkan masukan Hindu, sehingga wayang media yang kuat
sebagai ritual dan etika messenger. Proses akulturasi yang menegaskan isi isi
posisi wayang sebagai sumber etika dan filsafat tekun dan terus disampaikan kepada
publik. Oleh karena itu ada pendapat, tidak berbeda dengan wayang sebagai buku
filsafat, yaitu filsafat kepulauan yang dapat digunakan sumber etika dalam
kehidupan pribadi dan publik. Tontonan wayang bukan lagi sekedar bayangan atau
'wayang, tetapi sebagai' ngaurip wewayangane 'yang merupakan bayangan kehidupan
manusia. Dalam pertunjukan wayang, bisa dirasionalisasi dan merasa bagaimana
kehidupan manusia dari lahir sampai mati. Perjalanan hidup manusia untuk
berusaha menegakkan hak untuk mengalahkan itu tidak benar.
Sumber: http://www.beritajawa.com/2015/10/wayang-kulit-kanggo-sumber-etika-ana.html
0 komentar:
Posting Komentar